Thursday, March 5, 2020

Olahraga Golf



Olahraga Golf – Pengertian Golf, Sejarah, Teknik Golf, Peraturan dan Ukuran Lapangan Golf

Olahraga Golf – Pengertian Golf, Sejarah, Teknik Golf, Peraturan dan Ukuran Lapangan Golf


Olahraga Golf – Golf termasuk pada permainan olahraga bola kecil, pada artikel ini akan membahas tentang pengertian golf, sejarah, teknik golf, peraturan  dan ukuran lapangan golf dan manfaat olahraga golf. Olahraga Golf adalah olahraga yang dikenal masyarakat Indonesia sebagai olahraganya orang orang kaya, karena olahraga golf ini memerlukan peralatan dan cukup mahal.

Asal usul olahraga golf ini asalnya masih belum jelas dari mana, ada yang bilang dari Skotlandia, Tiongkok, dan Belanda.  Untuk jelasnya mari kita bahas bersama-sama.

Pengertian Golf

Golf ialah cabang olahraga dari permainan bola kecil yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang dari daerah yang sudah ditentukan dengan menggunakan stik golf sebagai pemukulnya.

Sejarah Golf

Di abad ke-15 Masehi warga Skotlandia sudah memainkan olahraga golf di lapangan yang luas dengan menggunakan bola dari karet dan pemukul dari kayu. Kemudian olahraga golf pun dilarang oleh pemerintahan karena dianggap bisa mengganggu jalannya tatanan pemerintahan. Kemudian Golf dibawa ke Inggris dan disana mengalami perkembangan pesat sampai golf terkenal sampai benua Eropa.

Sebenarnya, olahraga golf ini belum jelas berasal dari mana asalnya, Karena Rakyat Tiongkok bilang telah memainkan permainan golf sejak zaman dinasti SONG (abad 11 Masehi). Kemudian Belanda juga mengatakan bahwa mereka telah memainkan golf pada awal abad ke 12 Masehi. Tetapi Skotlandia menyatakan bahwa mereka yang menciptakan olahraga golf ini pada abad ke 15 Masehi. Melalui perdebatan panjang akhirnya sebagian besar Sejarawan Dunia berpendapat dan menyimpulkan olahraga golf berasal dari Skotlandia. Dengan adanya bukti kuat dari Skotlandia yaitu lapangan golf pertama yang berada Skotlandia, Dan Nama golf pun diambil dari bahasa Skotlandia, dan klub golf pertama berasal dari Skotlandia serta turnamen pertama golf berasal dari Skotlandia.

Semakin lama Golf semakin terkenal sampai ke seluruh dunia, lalu International Golf Federation (IGF) dibentuk  pada tahun 1958 untuk mengatur seluruh masalah golf yang ada di dunia. Dan Sampai saat ini IGF berpusat di Switzerland dan sudah beranggotakan sebanyak 126 negara.

Teknik Dasar Golf

Olahraga Golf merupakan olahraga yang buth keseimbangan, kekuatan dan keakuratan pada memukul, sehingga diperlukan teknik mengayun, memukul, memegang yang pas dan benar, Berikut adalah teknik dasar golf :

Teknik Memegang

Berikut adalah teknik memegang stick pada olahraga golf :
Baseball grip,  sama seperti memegang stick pada baseball yakni posisi tangan kiri berada di bawah tangan kanan.
Overlapping golf grip, hampir sama seperti teknik diatas, hanya saja tangan kanan sedikit ke atas, sehingga posisi jari kelingking tangan kanan berada di antara jari telunjuk dengan jari tengah tangan kiri.
Interlocking golf grip, teknik ini tidak disarankan bagi yang baru belajar, karena teknik ini digunakan untuk pemain golf yang sudah profesional. Caranya adalah memegang stick baseball tetapi dengan mengaitkan jari kelingking tangan kiri dengan jari telunjuk dari tangan kanan.

Teknik Mengayun

Berikut adalah teknik mengayun pada olahraga golf :
Melakukan backswing yaitu mengayunkan stick ke posisi belakang tubuh kita sampai melewati kepala.
Melakukan downsing, setelah melakukan backswing baru lakukan downsing, yaitu dengan cara melancarkan pukulan yang pas agar mengenai sasaran atau bola.

 Teknik Memukul

Berikut adalah teknik dasar memukul bola golf:
Tee shot, digunakan pada pukulan pertama untuk memulai sebuah pertandingan yang dilakukan dari letak awal bola golf(teeing ground) menuju sasaran / lubang.
Fairway shot, dilakukan para pemain golf setelah melakukan teknik tee shot.
Bunker shot, digunakan jika bola yang keluar area setelah di pukul.
Putting, dipakai bila bola golf dekat dengan lubang supaya bola dengan mudah dimasukkan.
Punch, biasa digunakan jika angin yang berhembus dilapangan golf dengan sangat kencang.

Peraturan Golf

Peraturan-peraturan pada permainan olahraga golf adalah sebagai berikut :
Pukulan pertama untuk memulai pertandingan dilakukan dari dari letak awal bola golf (teeing ground)
Yang menjadi pemenang ialah yang memasukkan bola dengan jumlah pukulan paling sedikit.
Setiap setelah melakukan pukulan pemain harus berjalan untuk bisa melakukan pukulan selanjutnya.
Pemain bisa menganggap bolanya tidak bisa dimainkan lagi dengan posisi apapun di dalam lapangan permainan.
Jika mendapatkan pelanggaran anda diperbolehkan untuk mengangkat, membersihkan dan bahkan mengganti bola.

Ukuran Lapangan Golf

Pada Lapangan golf memiliki sejumlah lubang yang di sebut dentgan hole yang merupakan sasaran dan pada umumnya berjumlah 9 hole - 18 hole. Jika bermain golf, maka harus menyelesaikan 18 hole tersebut pada setiap kali game.

Tujuan olahraga golf adalah untuk memasukkan bola ke dalam hole/lobang dengan total lubang sebanyak 18 hole.  Diawali dari tee box dan berakhir dengan memasukkan bola kedalam hole yang berada di aera putting green. Setiap hole hanya punya satu lubang dan ditandai dengan bendera yang berwarna.

Pukulan awal dilakukan di teebox/teeing ground, Untuk  pemain profesional, pukulan pertama biasanya dilakukan di teebox yang paling jauh yang ditandai dengan menggunakan patok batu warna hitam dan untuk pemain golf wanita, pukulan dimulai dengan teebox terdepan dengan ditandai patok batu warna merah. Untuk para pemula, teebox berada di belakang teebox wanita dan biasanya ditandai dengan sebuah patok batu yang berwarna putih.

Teebox umumnya lebih tinggi sekitar 100 cm, dan biasanya pada setiap hole punya rintangan yang terdiri dari dua jenis, yaitu bunker dan rintangan Air, Bungker adalah cekungan yang berisikan pasir dan rintangan air seperti sungai atau danau.
Sedangkan putting green adalah area yang mempunyai rumput yang sangat pendek dan sekaligus juga merupakan hole terakhir pada golf. Ukuran Hole berdiameter 4.25 inci dengan kedalaman dari hole tersebut 3.94 inci.

Manfaat Golf

Berikut beberapa manfaat golf yang didapatkan :
·         Mengurangi stres
·         Membakar lemak
·         Melatih dalam berkonsentrasi
·         Menguatkan fisik

Demikianlah artikel permainan golf yang meliputi pengertian golf, sejarah, teknik golf, luas lapangan golf, peraturan dan  manfaat golf.  Terima kasih telah berkunjung ke web kami dan semoga bermanfaat.




EmoticonEmoticon