Tuesday, February 11, 2020

Olahraga Bola Kecil

Artikel Olahraga Bola Kecil dan Penjelasannya, Jenis Olahraga Bola Kecil,  Permainan Olahraga Bola Kecil

Artikel Olahraga Bola Kecil dan Penjelasannya, Jenis Olahraga Bola Kecil,  Permainan Olahraga Bola Kecil


Cabang Olahraga Bola Kecil  - Artikel sebelumnya dari artikel-olahraga.com adalah yang telah kita bahas tentang jenis-jenis permainan bola besar. Pada kesempatan ini artikel olahrga yang akan diangkat adalah permainan bola kecil. Berikut pengertiannya Olahraga bola kecil adalah jenis permainan olahraga yang memainkan benda tertentu atau bola yang umumnya dengan bantuan alat.  Cabang olahraga bola kecil ada banyak jenisnya, dan berikut yang sering dimainkan diantaranya adalah bulu tangkis,  tenis meja, bola kasti, baseball, billiar, softball, kriket, tenis lapangan, golf, dan sepak takraw.  Dan berikut penjelasan tentang Olahraga bola kecil beserta penjelasannya yang meliputi artikel olahraga bola kecil dan penjelasannya, jenis olahraga bola kecil,  permainan olahraga bola kecil.

Macam - Macam Jenis Olahraga Bola Kecil dan Penjelasannya


1. Tenis Meja

Olahraga Bola Kecil - Artikel Olahraga Bola Kecil dan Penjelasannya, Jenis Olahraga Bola Kecil,  Permainan Olahraga Bola Kecil - Tenis Meja

Tenis Meja  - Tenis meja adalah salah satu cabang olahraga bola kecil yang dimainkan di atas meja dan bola dipukul dengan raket (dikenal dengan nama bet).  Olahraga ini di temukan oleh E.C Goode pada 15 Januari 1925, dan dibentuk organisasi tenis meja Internasional [International Table Tenis Federation (ITTF)], Di Indonesia organisasi ini berdiri tahun 1939 dengan nama Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia (PPPSI). Kemudian tahun 1958, PPPSI diganti menjadi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI).

Teknik dasar tenis meja adalah teknik memegang bet, teknik pukulan tenis meja, posisi kaki, posisi tubuh, dan teknik servis. Lapangan tenis meja terbuat dari kayu keras berbentuk persegi panjang yang bisa memantulkan bola, (Panjang 2,74 meter dan Lebar 1,52 meter).

|| untuk selengkapnya tentang artikel olahraga tenis meja ini silahkan baca disini

2. Tenis Lapangan

Olahraga Bola Kecil - Artikel Olahraga Bola Kecil dan Penjelasannya, Jenis Olahraga Bola Kecil,  Permainan Olahraga Bola Kecil - Tenis Lapangan

Tenis Lapangan - Tenis lapangan ialah olahraga bola kecil yang menggunakan raket untuk memukul bola, sehingga bola memantul ke lapangan. Tujuan olahraga ini adalah memukul bola dengan raket hingga lawan tidak dapat mengembalikan bola dan menjaga wilayah sendiri dari serangan lawan untuk memenangkan pertandingan. Olimpiade pertama tenis lapangan dilaksanakan pada tahun 1986, Organisasi yang membawahi olahraga ini adalah International Tennis Federation (ITF).
Standar lapangan tenis internasional dari ITF adalah panjang lapangan 23,77 m, lebar untuk permainan tunggal 8,2 m dan permainan ganda 10,97 meter.

|| untuk selengkapnya tentang artikel olahraga tenis lapangan ini silahkan baca disini

3. Golf

Olahraga Bola Kecil - Artikel Olahraga Bola Kecil dan Penjelasannya, Jenis Olahraga Bola Kecil,  Permainan Olahraga Bola Kecil - Golf

Golf - Golf adalah permainan bola kecil yang tujuan utamanya adalah untuk memasukkan bola ke dalam lubang yang telah ditentukan daerahnya dengan menggunakan sebagai pemukulnya berupa stik golf. International Golf Federation (IGF) dibentuk pada tahun 1958 untuk mengatur seluruh masalah golf di seluruh dunia, teknik dasar pada olahraga golf adalah teknik memegang, mengayun dan memukul. Dan perlengkapan dan peraturan golf ada 12 yaitu tas, bola, stick golf, shaft, sepatu, topi, pakaian, kaus kaki, sarung tangan, sunblock, tee, dan celana golf.

|| untuk selengkapnya tentang artikel olahraga Golf ini silahkan baca disini

4. Baseball

Olahraga Bola Kecil - Artikel Olahraga Bola Kecil dan Penjelasannya, Jenis Olahraga Bola Kecil,  Permainan Olahraga Bola Kecil - Baseball

Base Ball - Baseball atau dikenal juga dengan nama bisbol adalah cabang olahraga bola kecil yang terdiri dari 2 team yang saling berlawanan dan setiap regu terdiri dari 9 pemain. Tujuan dari olahraga baseball adalah mempertahankan tim untuk tetap menjadi batting atau pemukul bola agar memperoleh angka dan supaya bisa memenangkan pertandingan. International Baseball Federation (IBAF) dibentuk tahun 1938 yang bertujuan untuk mengatur seluruh kegiatan mengenai bisbol atau Baseball seluruh dunia.

Teknik dasar bisbol ada 4 jenis yaitu teknik melempar bola, memegang stik, memukul bola, dan menangkap bola, ukuran lapangan baseball kira-kira 0,8 hektar (profesional) dan di salah satu ujung lapangan dibentuk belah ketupat. Jarak tiap-tiap base adalah 27,45m dan pitcher plate berukuran 60 x 15 cm, panjang kayu pemukulnya adalah 1,06m, penampang bergaris tengah 7cm, dan pembungkus pegangan 46 cm. Dengan berat bola bassball 145 gram dan keliling 23 cm, lama permainan baseball berlangsung selama (dalam) 9 inning.

5. Softball

Olahraga Bola Kecil - Artikel Olahraga Bola Kecil dan Penjelasannya, Jenis Olahraga Bola Kecil,  Permainan Olahraga Bola Kecil - Softball

Softball - Softball adalah perkembangan dari olahraga yang sejenis yakni baseball, hanya saja memiliki beberapa perbedaan diantaranya adalah ukuran bola lebih besar berdiameter 28-30,5cm dan tidak terlalu keras, Softball dimainkan oleh 9 orang pemain dan bermain dalam 7 inning, Kemudian masing-masing regu mendapat giliran menjadi pemain bertahan dan menyerang sebanyak 7X, pergantian dilakukan apabila regu bertahan berhasil mematikan permainan dan penyerang sebanyak 3 orang.
Permainan ini diciptakan di Amerika Serikiat oleh George Hancock pada tahun 1887 dan pertama kali dimainkan di Chicago-US. Organisasi Internasional yang menaungi olahragai softball adalah Federasi Softball Internasional (ISF). Teknik dasar pada softball ada 7 teknik yaitu teknik memegang bola, melempar bola, menangkap bola, memukul softball, teknik meluncur atau sliding memegang alat pukul (bat), dan teknik berlari ke base atau antar base.

6. Bola Kasti

Olahraga Bola Kecil - Artikel Olahraga Bola Kecil dan Penjelasannya, Jenis Olahraga Bola Kecil,  Permainan Olahraga Bola Kecil - Bola Kasti

Bola Kasti - Permainan olahraga bola kasti adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing terdiri dari 12 orang pemain. Permainan ini termasuk permainan bola kecil yang dimainkan beregu (pemukul dan penjaga). Teknik dasar bola kasti ada 5 teknik yaitu teknik memegang bola, menangkap bola, memegang alat pukul (bat), berlari, memegang alat pukul (bat), dan memukul bola.
Ukuran lapangan kasti 60x30 meter (lapangan terbesar), ruang pemukul dan ruang bebas pada bola kasti 65x30 meter. Dan ukuran terkecil 45x30 meter, dengan ruang pemukul dan ruang bebas 50x30 meter. Tinggi tiang bendera minimal 1,50 meter dari tanah, lama pertandingan sekurang-kurangnya adalah 2 x 20 menit dan paling lama 30 menit, diluar waktu istirahat 10 menit. Peralatalan yang digunakan pada bermain bola kasti adalah :

Bola kecil dengan berat 60 - 70gr dan keliling 20cm.
Tongkat pemukul dengan panjang 50 - 60cm dan bergaris tengah sepanjang 5cm,
Patok tali,
Nomor dada berwarna putih berukuran 25 x 25cm
Tiang hinggap tinggi 150cm di atas permukaan tanah.

7. Kriket

Olahraga Bola Kecil - Artikel Olahraga Bola Kecil dan Penjelasannya, Jenis Olahraga Bola Kecil,  Permainan Olahraga Bola Kecil - Kriket

Kriket atau cricket - Kriket (cricket) adalah permainan yang menggunakan alat pemukul kayu dan bola. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mencetak lebih banyak angka dibandingkan dengan tim lainnya. Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 11 orang pemain. Durasi permainan ini tidak dibatasi oleh waktu akan tetapi menggunakan perpindahan. Lingkar bola kriket adalah antara 224 - 229 mm dan beratnya antara 156 - 163gr. Lapangan kriket biasanya berbentuk oval atau lingkaran, dengan ukuran mulai 90 - 100m (100 - 160m).

8. Billiard

Olahraga Bola Kecil - Artikel Olahraga Bola Kecil dan Penjelasannya, Jenis Olahraga Bola Kecil,  Permainan Olahraga Bola Kecil - Billiard

Billiard - Olahraga bola kecil selanjutnya adalah Billiar, dimainkan di atas meja dengan peralatan khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari berbagai jenis antara lain:  pool, carom, dan English billiard.
Billiard bisa dimainkan oleh perorangan ataupun oleh tim. peralatan utama pada bermain billiard adalah : meja billiard stik billiar dan cue ball. Ukuran stik panjangnya adalah sekitar 147-152 centimeter (58-60 in), Cue ball billiard atau bola gaco memiliki beragam jenis dan mempunyai berat yang berbeda. Ukuran meja billiar disebutkan dalam satuan kaki (foot) yang dimulai dari ukuran 7 - 9 kaki (1 kaki = 30,48 cm).

9. Sepak Takraw

Sepaktakraw - Sepaktakraw ialah permainan yang dilakukan oleh dua tim yang saling berhadapan dilapangan yang dipisahkan oleh net atau jaring yang membelah lapangan menjadi dua bagian. Permainan ini menggunakan bola dari rotan (bola khusus) dimainkan di atas lapangan yang datar dengan panjang 13,40 meter dan lebar 6,10 meter, dengan tinggi Jaring Net setinggi 1,55 meter.
Teknik dasar sepak takraw antara lain: teknik sepakan, teknik servis, sepak cungkil, sepak kura, sepak simpuh, menapak, dan teknik bertahan.

10. Bulu Tangkis

Olahraga Bola Kecil - Artikel Olahraga Bola Kecil dan Penjelasannya, Jenis Olahraga Bola Kecil,  Permainan Olahraga Bola Kecil - Bulu Tangkis

Bulu tangkis - Olahraga bulu tangkis adalah olahraga menggunakan raket sebagai alat pemukul dan shuttlecock sebagai objek pukul.  Dibentuk International Badminton Federation (IBF) pada tahun 1934,. Seiring berjalannya waktu pada tahun 2006 IBF diganti menjadi Badminton World Federation (BWF), 
Ukuran lapangan bulu tangkis adalah 13,40 meter dan lebar 6,10 meter dengan Panjang net 6,10 meter dan lebar 0,75 meter, tinggi 1,525 meter. Shuttlecock atau bola untuk bulu tangkis terbuat dari bulu ayam atau bulu angsa dan sebagainya dengan  diameter gabus 25 - 28 mm, dengan berat bola 4,7 - 5,5 m, panjang bulu 60 - 70 mm, Dan jumlah bulu 14 sampai dengan 16 helai.


Demikianlah artikel tentang olahraga bola kecil, yang lebih spesifik membahas tentang artikel olahraga bola kecil dan penjelasannya, jenis olahraga bola kecil,  permainan olahraga bola kecil. Dan kami ucapkan terima kasih banyak telah berkunjung ke Blog/Website kami.  Salam sehat dan selamat berolahraga.



EmoticonEmoticon