Wednesday, January 15, 2020

Berat Badan Ideal Dan Indeks Massa Tubuh


Berat Badan Ideal dan Indeks Massa Tubuh, Pengertian Berat Badan, Berat Badan Ideal dan Rumus Perhitugan Berat Tubuh

Berat Badan Ideal dan Indeks Massa Tubuh, Pengertian Berat Badan, Berat Badan Ideal dan Rumus Perhitugan Berat Tubuh


Selamat siang dan salam sehat dan salam olahraga, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang "Berat Badan Ideal dan Indeks Massa Tubuh", Pengertian yang meliputi tentang Berat Badan, Berat Badan Ideal dan Rumus Perhitugan Berat Tubuh. mari kita bahas bersama-sama.

Pengertian Berat Badan

Pengertian berat badan - Istilah berat badan sering digunakan dalam bahasa sehari-hari, dalam ilmu medis dan biologi untuk merujuk kepada massa atau berat badan dari seseorang. Berat badan diukur dalam kilogram (kgm), suatu penilaian massa pada seluruh dunia, meskipun di beberapa negara masih diukur menggunakan pound seperti Amerika Serikat. Kebanyakan dari rumah sakit, sekarang menggunakan kilogram (Kgm) untuk perhitungan berat badan, tetapi menggunakan kilogram  (Kgm) dan pound bersamaan untuk tujuan berbeda atau lainnya. Sebenarnya, berat badan adalah berat dari seseorang tanpa diikuti apapun, tetapi berat badan hampir selalu diikuti dengan berat sepatu , pakaian dan aksesoris berat seperti dompet dan ponsel karena pada saat orang mengukur berat badan mereka sering tidak menanggalkan semua barang tersebut. Berat badan juga merupakan salah satu cara untuk menentukan kesehatan seseorang.

Berat Badan Ideal

Berat Badan Ideal - Berat badan ideal diyakini merupakan berat badan maksimal bagi seseorang dikatakan sehat, didasarkan terutama pada tinggi badan tetapi dapat dimodifikasi oleh faktor lainnya seperti usia, jenis kelamin, derajat dan perkembangan otot. Berat badan ideal atau ideal body weight (IBW) awalnya diperkenalkan pada tahun 1974 oleh dr. Devine untuk memungkinkan penilaian dosis obat pada pasien obesitas, dan peneliti menunjukkan bahwa metabolisme obat-obatan tertentu lebih berhubungan dengan berat badan ideal dari seseorang. Istilah ini didasarkan pada penggunaan data asuransi yang menunjukkan angka kematian relatif untuk wanita dan pria sesuai dengan kombinasi tinggi-berat yang berbeda-beda. Pengukuran yang paling sering dari IBW adalah dengan menggunakan rumus Devine. Metode lainnya dalam memperkirakan berat badan ideal adalah dengan indeks massa tubuh(IMT) dan metode HAMWI.

Rumus Devine

-       Berat Badan Ideal Laki-laki = 50kg + 2.3kgm x (Tinggi(inchi) – 60)
-       Berat Badan Ideal Perempuan = 45.5kg + 2.3kgm x (Tinggi(inchi) – 60)
Rumus ini diaplikasikan pada orang dengan tinggi lebih dari 60 inchi (5 kaki). 1 Inchi = 2.54 cm, 1 kaki = 30.48cm. Rumus Devine ini banyak digunakan di internet untuk menghitung berat badan ideal seseorang dengan membuat kalkulator online.

Rumus Hamwi

Metode Hamwi  atau yang juga dikenal dengan persamaan Hamwi atau formula Hamwi digunakan untuk menghitung ideal berat badan dari orang dewasa.

– Pria   : [106 + (6×10)], Tambahkan 6 untuk setiap inci jika tinggi lebih dari 5 kaki.
– Wanita : [100 + (5×10)], Tambahkan 5 untuk setiap inci jika tinggi lebih dari 5 kaki.
Contoh : Berat badan ideal laki dengan tingginya 5 kaki 10 inci [106 + (6×10)] = 166.

Catatan : Rumus Hamwi hanya digunakan untuk orang dewasa.

Indeks Massa Tubuh (IMT)

Indeks Massa Tubuh (IMT) -  Indeks Massa Tubuh atau Body Mass Index (BMI) merupakan jumlah berat badan ideal yang dihitung dari berat dan tinggi badan seseorang. IMT merupakan indikator yang cukup handal untuk kegemukan tubuh bagi kebanyakan orang. BMI tidak mengukur lemak tubuh secara langsung, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa BMI berkorelasi dengan lemak dalam tubuh, seperti berat air dan dual energy x-ray absorptiometry (DXA). IMT dapat dianggap sebagai alternatif untuk langkah langsung mengukur lemak tubuh seseorang.

Rumus Indeks Massa Tubuh

Rumus Indeks Massa Tubuh -  Dalam pengukuran meter, Indeks Massa Tubuh (IMT) didapat dari hasil pembagian berat badan dan kuadrat tinggi badan dalam meter.

Indeks Massa Tubuh (IMT) = Berat Badan(BB) /Tinggi Badan(TB)  (meter)2
Contoh : Berat Badan (BB) = 68 kgm, Tinggi = 165 cm (1.65 m / gunakan dalam meter)
IMT      = 68 / (1.65)2 = 24.98

Untuk orang dewasa berusia 20 tahun dan lebih tua, IMT ditafsirkan menggunakan kategori status berat badan standar yang sama untuk semua usia wanita dan pria. Sedangkan untuk anak-anak dan remaja, interpretasi BMI berdasarkan dari jenis kelamin dan usia tertentu.

Status Penilaian IMT dikategorikan dalam beberapa kelompok sebagai berikut
Di bawah 18.50 = Berat badan kurang (Underweight)
18.50 – 24.90 = Berat badan normal (Normal)
25.00 – 29.90 = Berat badan berlebih (Overweight)
30.00 lebih = Kegemukan (Obesitas)

Demikianlah artikel tentang Berat Badan Ideal dan Indeks Massa Tubuh", Pengertian yang meliputi tentang Berat Badan, Berat Badan Ideal dan Rumus Perhitugan Berat Tubuh. dan kami ucapkan terima kasih juga telah berkunjung ke blog/website kami.


EmoticonEmoticon