Thursday, January 16, 2020

Jenis-Jenis Cabang Olahraga Beladiri Lengkap Penjelasan Singkat


Jenis-Jenis Cabang Olahraga Beladiri Lengkap Penjelasan Singkat

Jenis-Jenis Cabang Olahraga Beladiri Lengkap Penjelasan Singkat


Jenis-Jenis Cabang Olahraga Beladiri Lengkap Penjelasan Singkat  - Selamat pagi dan salam olahraga, pada kesempatan kali ini artikel yang akan dibahas adalah jenis-jenis cabang olahraga beladiri lengkap penjelasan singkat, dibuat dengan sangat sederhana agar mudah dipahami.

Apa yang dimaksud dengan Seni Beladiri?

Seni beladiri adalah suatu kesenian yang timbul sebagai satu cara seseorang untuk membela atau mempertahankan dirinya dari kejahatan orang lain.

Cabang olahraga (Cabor) beladiri biasanya mengadu 2 orang untuk saling bertarung satu sama lain untuk mengetahui siapa pemenangnya. Dalam melakukan olahraga ini diperlukan ketahanan fisik dan kekuatan serta kecerdasan peserta. Jika berlatih dengan tekun dan bersungguh-sungguh maka akan dapat menjadi pemain yang profesional.

Jenis-jenis Cabang Olahraga Beladiri

Berikut adalah jenis-jenis cabang olahraga beladiri dan penjelasannya secara singkat
  1. Pencak Silat
  2. Tinju
  3. Karate
  4. Kung Fu
  5. Gulat
  6. Taekwondo
  7. Muay Thai
  8. Kendo

1.    Pencak Silat

Pencak silat - Bela diri ini adalah seni beladiri tradisional asli Indonesia. Tetapi silat tidak hanya berkembang di Indonesia, tetapi juga berkembang sudah sampai ke negara-negara tetangga seperti Brunei, Singapura, Malaysia, dan negara lainnya.

Kata Pencak Silat berasal dari dua kata yaitu pencak dan silat. Pencak adalah gerakan dasar beladiri yang terikat pada peraturan-peraturan. Sedangkan silat adalah gerakan beladiri sempurna yang bersumber pada kerohanian.

Persatuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) didirikan Pada 11 Maret 1980, atas prakarsa Eddie M. Nalapraya, yang saat itu menjabat ketua IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Adapun teknik dasar pencak silat bermacam-macam yaitu sikap dasar, pembentukan gerakan, kuda-kuda, teknik serangan lengan pencak silat, teknik serangan tungkai dan lain-lain.

Jika kalian ingin mengetahui lebih lengkapnya silahkan baca artikel berikut: Seni Beladiri Pencak Silat.

2.    Tinju

Tinju - Cabor tinju adalah seni beladiri yang menampilkan dua orang dengan berat yang sama bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan satu atau tiga menit atau yang disebut ronde.

Pemenang dalam tinju dinilai berdasarkan ketepatan tinju yang diarahkan ke lawannya dan bila lawan sudah dinilai KO atau TKO oleh wasit. Menurut sejarah, pertama kali diperkenalkan dari bagsa Romawi, Yunani dan Mesir.. Dan sejarah tinju di Indonesia masuk dan dipopulerkan oleh Hindia Belanda atau KNIL.

Adapun teknik dasar tinju terbagi dua yaitu sikap petinju dan teknik dasar pukulan tinju.  Berikut penjelasannya lebih lengkapnya tentang Teknik Dasar Tinju.

3.    Karate

Karate - Karate adalah cabang olahraga bela diri yang berasal dari Jepang. Karate berasal dari dua kata yaitu kara artinya kosong dan te artinya tangan. Dan jika digabungkan karate adalah beladiri dengan menggunakan tangan kosong dan orangnya yang melakukan karate disebut karateka.

World Karate Federation (WKF) dibentuk pada 10 Oktober 1970 sebagai organisasi resmi karate di dunia. Teknik dasar karate juga ada bermacam-macam yaitu teknik kuda-kuda, tangkisan/elakan, pukulan, tendangan, dan teknik bantingan.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang beladiri karate, silahkan bisa membacanya pada artikel kami berikut Materi Seni Beladiri Karate.

4.    Kung Fu

Kunf Fu - Seni beladiri Kung Fu adalah olahraga yang berasal dari Cina. Bela diri ini menggunakan tangan kosong ataupun menggunakna senjata berupa pedang, tongkat, dan sebagainya dengan tujuan untuk mempertahankan diri dan menyerang, serta sebagai ajang pertunjukan.

Teknik kung fu yang harus dikuasai adalah jet kune do, tendangan tanpa bayang, tapak buddha, jurus mabuk, dan wing chun. Artikel selengkapnya tentang Kung Fu silahkan baca pada artikel berikut Materi Kung Fu.

5.    Gulat

Gulat - Gulat termasuk salah satu cabang olahraga bela diri. Beladiri gulat ini mengandalkan kontak fisik antara dua orang, yang mana salah seorang pegulat harus mampu menjatuhkan atau dapat mengontrol musuh atau lawannya.

Dalam pertandingan olahraga gulat ada 2 kategori yang sering di perlombakan, yaitu gaya bebas (free style) dan gaya greco (greco roman).  Adapun teknik pada olahraga gulat yang sering digunakan dalam pertandingan yaitu : teknik tarikan, bantingan, dorongan, gulungan, blocking, kuncian,  dan angkatan.

Artikel selengkapnya tentang Olahraga Gulat silahkan baca pada artikel berikut Olahraga Gulat.

6.    Taekwondo

Taekwondo - Taekwondo merupakan seni beladiri yang berasal dari Negara Korea. Taekwondo berasal dari tiga kata yaitu Tae berarti menendang/menghancurkan dengan kaki, sedangkan kwon berarti tinju, dan do berarti jalan atau seni. Jadi taekwondo adalah cara mendisplinkan diri atau seni beladiri yang menggunakan teknik kaki dan tangan kosong untuk menaklukkan musuh atau lawannya.

WTF (World Taekwondo Federation) dibentuk pada 28 Mei 1973 sebagai badan resmi federasi Taekwondo dunia yang diketuai oleh Kim Un Yong.  Macam-macam teknik Taekwondo adalah sebagai berikut : kuda-kuda, pukulan, tendangan, sabetan, tangkisan, dan tusukan.

Artikel selengkapnya tentang taekwondo silahkan baca pada artikel berikut Taekwondo.

7.    Muay Thai

Muay Thai - Seni beladiri Muay thai berasal dari Thailand. Muay berarti tinju bela diri sedangkan thai berasal dari suku thai dari Thailand. Cabang olahraga ini mengandalkan tendangan, siku, lutut, serta pukulan yang kuat dengan tujuan menjatuhkan lawannya.

Sejarah muay thai berawal pada abad ke-12 M, tepatnya di kerajaan Thai. Pada saat itu, adanya peperangan yang menyebabkan kerajaan Thai kekurangan senjata. Kemudian, para prajurit berinisiatif untuk mempelajari bela diri muay buron.

Muay buron lalu berganti menjadi Muay Thai. Lalu pada akhirnya pada tahun 1993 dibentuklah International Federation of Muayhai Amateur (IFMA) yang bermarkas di Bangkok, Thailand. Adapun teknik dasar dalam Muay Thai adalah seperti teknik memukul, menendang,memiting, mendengkul, menyikut, dorongan kaki dan teknik block.

Artikel selengkapnya tentang Muay Thai silahkan baca pada artikel berikut Muay Thai.

8.    Kendo

Kendo - Kendo adalah seni bela diri berpedang yang berasal dari Jepang. Atlet kendo disebut kendoka. Kendo berasal dari kata ken yang artinya pedang dan do yang artinya jalan, adalah praktek yang bersifat ritual dan bentuk dari seni berpedang Jepang yang muncul lebih dari ribuan tahun yang lalu.

Adapun teknik-teknik pada kendo yaitu adalah teknik serangan, teknik dasar kendo, teknik melangkah, teknik lanjutan dan teknik latihan. untuk mengetahui selengkapnya silahkan baca artikel tentang Kendo pada artikel berikut Materi Olahraga Kendo.

Demikianlah artikel tentang Jenis-jenis cabang olahraga beladiri. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke Blog/Website kami. Sekian dan terima kasih.


EmoticonEmoticon